; -->

Jenis jenis roda gigi

 Jenis jenis roda gigi

Roda gigi adalah bagian dari suatu kontruksi mesin yang berputar untuk mentransmisikan gaya,roda gigi mempunyai gigi gigi yang saling bersinggungan dengan gigi dari roda pasangannya,roda gigi sebagai transmisi mempunyai keuntungan mekanis dari rasio jumlah gigi, juga mampu mengubah kecepatan putar, torsi dan arah gaya, berikut dibawah ini beberapa contoh dari jenis jenis roda gigi.


 Jenis roda gigi

Roda gigi lurus (spur gear)

Roda gigi lurus (spur gear), Spur adalah roda gigi yang paling sederhana, yang terdiri dari silinder atau piringan dengan gigi-gigi yang terbentuk secara radial. Ujung dari gigi-giginya lurus dan tersusun paralel terhadap aksis rotasi. Roda gigi ini hanya bisa dihubungkan secara paralel.



gambar 1 
Roda gigi lurus (spur gear)

Roda gigi lurus (spur gear)

Roda gigi miring (hellical gear) 

Roda gigi miring (hellical gear), Berbentuk seperti spur. Ujung-ujung dari gigi-giginya tidak paralel terhadap aksis rotasi, melainkan tersusun miring pada derajat tertentu. Gigi-gigi yang bersudut menjadikan pergerakan dari roda gigi menjadi halus dan minim getaran. Berbeda dengan spur pertemuan gigi-giginya secara langsung memenuhi ruang antara gigi sehingga menyebabkan tegangan dan getaran. Roda gigi heliks mampu dioperasikan pada kecepatan tinggi dibandingkan spur , Roda gigi heliks bisa disatukan secara paralel maupun melintang. Susunan secara paralel umum dilakukan, dan susunan secara melintang biasanya disebut dengan skew .



gambar 2 
Roda gigi miring (hellical gear)





Roda gigi miring (hellical gear)



Roda gigi payung (bevel gear)
Roda gigi payung (bevel gear), Berbentuk seperti kerucut terpotong dengan gigi-gigi yang terbentuk di permukaannya. Ketika dua roda gigi bevel mersinggungan, titik ujung kerucut yang imajiner akan berada pada satu titik, dan aksis poros akan saling berpotongan. Sudut antara kedua roda gigi bevel bisa berapa saja kecuali 0 dan 180. Roda gigi bevel dapat berbentuk lurus seperti spur atau spiral seperti roda gigi heliks. Keuntungan dan kerugiannya sama seperti perbandingan antara spur dan roda gigi heliks .


gambar 3 
Roda gigi payung (bevel gear)

Roda gigi payung (bevel gear)





Roda gigi cacing (worm gear) 
Berbentuk ulir  batang yang dipasangkan dengan roda gigi biasa atau spur. Roda gigi cacing merupakan salah satu cara untuk mendapatkan rasio torsi yang tinggi dan kecepatan putar yang rendah. Biasanya memiliki rasio maksimum 10: 1, sedangkan rasio roda gigi mampu mencapai 500: Roda gigi cacing batangnya selalu bisa menggerakkan roda gigi spur. Jarang sekali ada spur yang mampu menggerakkan roda gig cacing i. Sehingga bisa dikatakan bahwa pasangan roda gigi merupakan transmisi satu arah .


gambar 4 
Roda gigi cacing (worm gear)

Roda gigi cacing (worm gear)







Roda Gigi Pinion (Rak and Pinion Gears)
Pasangan roda gigi pinion terdiri dari roda gigi, yang disebut pinion, dan batang bergerigi yang disebut sebagai rack. Perpaduan rack dan pinion menghasilkan mekanisme transmisi torsi yang berbeda; torsi ditransmisikan dari gaya putar ke gaya translasi atau sebaliknya. Ketika pinion berputar, rack akan bergerak lurus. Mekanisme ini digunakan pada beberapa jenis kendaraan untuk mengubah rotasi dari setir kendaraan menjadi pergerakan ke kanan dan ke kiri dari rack sehingga roda berubah arah. [Roda gigi pinion mengkonversi gerak rotasi menjadi versa translasi atau sebaliknya.


gambar 5 
Roda Gigi Pinion 
(Rak and Pinion Gears)

Roda Gigi Pinion  (Rak and Pinion Gears)







Roda gigi dalam (roda gigi internal, internal gear ) Adalah roda gigi yang terletak di bagian dalam dari silinder roda gigi. Berbeda dengan roda gigi eksternal yang memiliki gigi-gigi di luar silindernya. Roda gigi internal tidak mengubah arah putaran.


gambar 6 
Roda gigi dalam 
(roda gigi internal, internal gear )

Roda gigi dalam  (roda gigi internal, internal gear )







Roda gigi episiklik ( roda gigi planet atau roda gigi episiklik ) 
Adalah kombinasi roda gigi yang bergerak dari planet dan matahari. Roda gigi jenis ini digunakan untuk mengubah rasio putaran secara aksial, tidak paralel. Kombinasi dari beberapa roda gigi episiklik dengan cara penghentian pergerakan roda rasio internal gigi yang dapat berubah-ubah. Roda gigi planet yang sederhana dapat ditemukan pada zaman revolusi industri di Inggris, roda gigi planet yang berupa roda gigi pusat sebagai matahari dan roda gigi yang berputar mengelilinginya sebagai planet, menjadi bagian utama dari mesin uap . Bagian ini mengubah gaya translasi menjadi rotasi, yang kemudian dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pada kendaraan.

video
gambar 7 
Roda gigi episiklik 
( roda gigi planet atau roda gigi episiklik )

Roda gigi episiklik ( roda gigi planet atau roda gigi episiklik )