; -->

Mengenal Alat alat penjepit benda kerja

Penjepit benda kerja

Definisi secara umum Alat atau Perkakas adalah benda yang dibuat dan digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Beberapa contoh alat yang paling sederhana diantaranya adalah palu, tang, obeng, gergaji, cangkul dan lain-lain.

Didalam teknik permesinan seperti bengkel dan pabrikasi juga demikian alat perkakas merupakan salah satu alat yang diciptakan secara khusus digunakan untuk keperluan tersebut.

Didalam artikel ini, mencoba untuk mengenal bagian dari alat perkakas sebagai alat bantu pekerjaan yang ditujukan untuk keselamatan didalam melakukan suatu pekerjaan pada bengkel atau pabrikasi yaitu alat perkakas untuk menjepit benda kerja ketika pekerjaan sedang berlangsung.

Alat penjepit atau pemegang benda kerja sangat diperlukan pada beberapa pekerjaan yang memungkinkan harus dilakukan dengan menjepit benda kerja seperti ketika sedang melakukan pekerjaan pengeboran, penggergajian, proses permesinan yang saat ini menjadi bagian dari Standar Operation Procedure (SOP), banyak jenis dan ragamnya tentang alat penjepit benda kerja ini, dibawah akan diperlihatkan beberapa jenis dan type dari alat penjepit benda kerja yang umum digunakan.

Ragum
Ragum adalah suatu alat penjepit untuk menjepit benda kerja yang akan dikikir, dipahat, digergaji, di tap, di sney, di bor, dan lain lain. Untuk keperluan umum biasanya terdapat beberapa ukuran yang dapat digunakan diantaranya 4”, dan 6”, da nada beberapa type yang dapat dipasang sesuai bentuk ragum, yang di pasang permanen dengan pengikat baut, dan dipasang untuk berpindah pindah dengan menggunakan pengikat klem.

Mengenal Alat alat penjepit benda kerja


Gambar 1.  Ragum

Tang

Tang adalah alat penjepit benda kerja yang tidak mempunyai tempat khusus yang digunakan sangat mudah dan sederhana dan dapat dibawa kemana mana, namun ada pula tang yang dibuat secara khusus yang dapat mengunci benda kerja seperti tang press, tang khusus untuk menjepit benda panas dibidang pengecoran atau tempa ukurannya biasanya relatip lebih panjang dibanding tang biasa. Dan tang yang secara khusus dibuat yang lainnya adalah tang potong dan tang bentuk seperti untuk keperluan pembuat kerajinan assesoris untuk membentuk kawat melingkar, atau membentuk sudut zigzag dan lain-lain.

Mengenal Alat alat penjepit benda kerja


Gambar 2.  Tang

Klem

Klem adalah suatu alat penjepit benda kerja yang dapat digunakan sesuai area kebutuhan benda kerja dimanapun ditempatkan untuk membantu pekerjaan agar tidak bergerak, jenis dan type klem diantaranya : klem untuk logam dan klem untuk perkayuan, 


Mengenal Alat alat penjepit benda kerja



Gambar 3.  Klem  
Klem khusus

Klem khusus disini adalah jenis penjepit benda kerja yang digunakan pada suatu proses permesinan misalnya: pengeboran, pengefraisan, dan pembubutan


Mengenal Alat alat penjepit benda kerja




Gambar 4.  Klem khusus
Chuck

Chuck adalah alat penjepit benda kerja pada suatu proses permesinan diantaranya seperti pada mesin bor, dan mesin bubut, dan lain lain. Chuck pada umumnya dibuat dengan rahang tiga untuk menjepit benda kerja berbentuk bulat, tetapi ada pula yang dibuat dengan rahang empat untuk menjepit benda kerja bentuk segi empat dan lainnya.

Mengenal Alat alat penjepit benda kerja


Mengenal Alat alat penjepit benda kerja

Gambar 5.  Chuck