; -->

Cara membaca ukuran ulir baut standar

Ukuran ulir baut standar

Banyak dikalangan masyarakat kita dalam memberikan ukuran baut yang salah,  diukur dengan kepala baut sesuai dengan ukuran kuncinya, jika kepala baut itu menggunakan kunci 14 mm mereka menyebutnya baut 14, padahal ini tidak tepat, ukuran kunci tidak menentukan ukuran spesifik dari ukuran baut, banyak ukuran baut  yang berbeda dengan satu ukuran kunci, hal ini akan mengakibatkan kesalahan dalam tindakan operasional penggunaannya dan akibatnya ulir yang dipasangkan akan merusak pasangannya.

Untuk itu dalam posting artikel kali ini kita memberikan beberapa contoh cara membaca ukuran ulir / baut yang benar dan standar sehingga memberikan hasil ukuran yang benar dan tepat ketika kita akan membeli komponen untuk keperluan tersebut. Dibawah ini diberikan contoh sederhana yang umum kita lihat sehari hari.

Contoh  ukuran Metrik  dalam millimeter (mm)
Cara membaca ukuran ulir baut standar

Gambar 1.a



Cara membaca ukuran ulir baut standar

Gambar 1.b

Dari gambar ulir / baut diatas akan dibaca  seperti ini  =  M12  x 1.5  x  50

M 12 = Diameter utama untuk bagian ulir baut. (mm)
1.5    =  Diameter utama untuk bagian ulir sekrup. (mm)

Pengertian  angka atau kode :

Angka pertama   M 14 adalah  memberikan nilai diameter utama  ulir bagian luar dalam mm.
Angka atau nilai kedua adalah jarak antara puncak sudut ulir yang berdekatan, kisar atau pitch ulir.

Angka atau nilai ketiga adalah panjang baut yang ditentukan dari ujung baut sampai batas sebelum kepala baut, untuk kepala baut itu sendiri tidak dihitung  panjang karena hubungangannya dengan ukuran kunci yang dipakai.

Dalam ukuran ulir standar dibagi dua jenis yaitu ulir halus dan ulir kasar. Namun sering diabaikan karena sudah terwakili dengan memberikan keterangan ukuran yang benar.
Untuk baut dengan ukuran inch  cara membacanya sama dengan baut ukuran mm


Demikian cara membaca ukuran baut yang  benar semoga bermanfaat