; -->

Membuat sendiri mesin tekuk flat manual simple


Membuat sendiri mesin tekuk flat manual

Mesin tekuk flat merupakan peralatan sederhana yang memungkin siapapun operatornya dapat melakukan penekukan bahan lempengan flat lembaran tipis dengan cukup baik bahkan dapat dipastikan tidak ada deformasi pada lipatan dibanding dengan cara melipat dipukul menggunakan palu.

Membuat sendiri mesin tekuk flat manual

Gambar 1. Membuat sendiri mesin tekuk flat manual

Mesin tekuk flat manual terdiri dari bagian bagian utama : dasar meja, penjepit, center as, dan  tuas / gagang penekuk. Bahan bahan dasar pembuatan mesin tekuk flat dibuat dari kanal  10 cm, kanal 8 cm, besi siku 8 cm, besi as diameter 25 mm dan besi behel 16 mm untuk gagang tuas. Panjang rea kerja sekitar 45 cm, ini diharapkan dapat menekuk flat sampai ketebalan 1,2 mm.

Membuat sendiri mesin tekuk flat manual

Gambar 1. Bagian bagian mesin tekuk flat manual

Proses pembuatan pertama menentukan panjang kerja sekitar 45 cm beri toleransi sekitar 1 cm bagian kiri dan 1 cm bagian kanan, ketika pemasangan penyenteran as harus benar benar lurus dan sejajar antara bagian kiri dan kanan, karena ini menentukan hasil tekukan yag sama. Mesin tekuk manual ini dioperasikan dengan bantuan catok atau ragum sebagai penjepit nya atau kita dapat pula membuat dudukan dibawah besi kanal meja dasar kerja dengan sepotong besi plat yang dilubangi untuk nantinya dapat di tanam dengan baut atau sekrup pada meja kayu.
Selanjutnya kita dapat mencoba percobaan penekukan plat dengan tebal 1 mm, pertama kanal bagian atas yang berfungsi sebagai klem dilonggarkan bautnya, masukkan plat kerja pada bagian celah diantara kanal bawah dan kanal atas, sesuikan jarak tekuk yang diinginkan, kencangkan baut klem kanal bagian atas tadi, tarik gagang tuas ke atas untuk menghasilkan sudut yang diinginkan, setelah sesuai buka baut klem lagi untuk mengeluarkan plat kerja hasil penekukan.