; -->

Cara kerja Mesin bubut kayu yang dioperasikan dengan kaki

Cara kerja Mesin bubut kayu yang dioperasikan dengan kaki

Mesin bubut kayu yang dioperasikan dengan kaki

Mesin bubut kayu yang dioperasikan dengan kaki adalah mesin bubut kayu yang memiliki desain paling sederhana, yang pertama digunakan bahkan sebelum munculnya motor listrik. Mesin bubut yang dioperasikan dengan kaki mempunyai Desain yang unik karena dapat dibuat oleh hampir semua orang, tidak memiliki rakitan yang rumit dan tidak memerlukan bahan khusus. Dan meskipun masa lalu tidak lebih buruk dari pada mesin bubut yang ada saat ini. Beberapa tukang seni kayu rakyat tradisional masih menggunakan mesin seperti ini.

Ketika melihat Mesin bubut yang dioperasikan dengan kaki ini adalah tidak memiliki motor listrik sebagai penggerak, penggeraknya adalah pedal kaki dan poros engkol yang dihubungkan secara pivot oleh batang logam ( walaupun bisa berupa kayu ). Roda gila melekat pada poros engkol. Yang berkontribusi pada rotasi seragam benda kerja. Dijepit diantara beting headstock dan kerucut tailstock. seperti roda gila, misalnya, dibuat dari lingkaran kayu besar ( potongan batang dengan diameter yang sesuai ) atau bulatan  yang dirangkai dari beberapa papan tebal ( dalam dua atau tiga lapisan). masing masing dapat dibuat dengan gergaji besi, kikir, dan amplas.

Dibawah ini adalah gambar kontruksi sederhana dan bagian bagian utama dari mesin bubut kayu yang dioperasikan dengan kaki

 

Cara kerja Mesin bubut kayu yang dioperasikan dengan kaki
Gambar 1. Bagian utama Mesin bubut kayu yang dioperasikan dengan kaki

Cara kerja Mesin bubut kayu yang dioperasikan dengan kaki

Cara kerja Mesin bubut kayu yang dioperasikan dengan kaki adalah Dari roda gila, rotasi ditransmisikan melalui sabuk kulit atau kain karet ( atau kabel ) ke puli headstock. Karena yang terakhir memiliki diameter yang sama disepanjang panjangnya. Perubahan kecepatan rotasi benda kerja hanya bergantug pada pengoperasian pedal tekanan. Jika puli dibuat dalam bentuk deretan puli dengan diameter berbeda, revolusi yang diinginkan dapat diperoleh dengan hanya meimndahkan sabuk. tetapi mungkin perlu untuk membuat alat untuk meregangkan atau mengendurkan sabuk saat memindahkannya dari puli yang lebih besar ke yang lebih kecil.