; -->

Dasar-dasar Simbol pengelasan

Dasar-dasar Simbol pengelasan 


Dalam artikel ini mencoba untuk berbagi sedikit ilmu di bidang teknik sering kita lihat, perintah yang dituangkan dalam gambar teknik yang kita kadang belum paham dengan perintah kerja dari symbol symbol daam gambar ketika akan dikerjakan, untuk itu mari belajar bersama memahami sedikit diantara sekian banyak dari symbol symbol teknik terutama dalam hal pengelasan. Semoga sedikit membantu daam pekerjaan kita.

Dasar-dasar Simbol pengelasan



Symbol pengelasan
Simbol pengelasan untuk menyederhanakan komunikasi antara desainer dan pembangun (misalnya tukang las).

Angka-angka dari simbol ini mewakili struktur inti dari setiap spesifikasi penyusunan untuk las yang akan dilakukan. Simbol pengelasan memiliki panah, yang menunjuk ke lokasi pada gambar di mana las diperlukan. panah terpasang ke jalur utama yang bersimpangan dengan garis referensi horisontal. ekor di ujung dari garis referensi yang bercabang dalam dua arah. Ekor opsional dan diperlukan hanya untuk instruksi khusus.

Menggantung dari tengah garis referensi, Anda akan melihat bentuk geometris atau dua garis sejajar mengidentifikasi apa jenis las harus dilakukan pada logam. Ini disebut simbol las, Simbol las juga dapat ditempatkan di atas garis referensi, bukan di bawahnya. Penempatan ini penting. Ketika simbol las kosong di bawah garis referensi, ini menunjukkan bahwa pengelasan harus dilakukan pada "sisi panah" dari sendi. Sebagai contoh, Dalam gambar berikutnya las fillet ditentukan di sisi panah. Anda dapat melihat las yang sebenarnya dalam penggambaran kedua. 



Dasar-dasar Simbol pengelasan



jika simbol las muncul di atas garis acuan, maka lasan harus dilakukan pada sisi berlawanan dari sambungan

Dasar-dasar Simbol pengelasan

simbol las muncul di atas garis acuan, maka lasan harus dilakukan pada sisi berlawanan dari sambungan.
Dasar-dasar Simbol pengelasan
Jika simbol las muncul di kedua sisi garis acuan, seperti yang ditunjukkan di bawah ini, menetapkan bahwa lasan harus dilakukan pada kedua sisi sambungan



Angka –angka dari simbol tersebut juga merupakan bagian besar dari spesifikasi pengelasan. Lebar, kedalaman,  dan panjang las, serta sudut manapun beveling diperlukan pada logam dasar sebelum pengelasan semua bisa dikomunikasikan di atas atau di bawah garis referensi.


Dalam kebanyakan kasus, lebar las (atau diameter) terletak di sebelah kiri simbol las (diungkapkan di sini dalam inci), sedangkan panjangnya ditulis ke kanan. (Sebagaimana dijelaskan dalam Anatomi dari Weld, lebar las adalah jarak dari satu kaki dari las yang lain.) Seringkali, ada panjang diindikasikan, yang berarti las harus ditetapkan dari awal sampai akhir sambungan , atau di mana ada perubahan mendadak pada sambungan pada logam dasar.
Dimensi ditulis di bawah garis referensi, tentu saja, berlaku untuk sambungan di sisi panah, sementara dimensi yang ditulis di atas berlaku untuk sambungan di sisi lain. Pada gambar di atas, pengelasan diindikasikan untuk kedua sisi sambungan.
Kadang-kadang, serangkaian lasan terpisah ditentukan, daripada las panjang tunggal. Hal ini biasa terjadi ketika pada logam tipis atau sensitif panas yang dilas, atau di mana sambungan adalah salah satu yang sangat panjang. Dalam simbol dan gambar berikut, 3-inch las intermiten fillet ditentukan:

Dasar-dasar Simbol pengelasan
Symbol las di kedua sisi dari garis referensi di atas dituliskan, bukan pencerminan sama lain. Ini berarti lasan harus ditempatkan di titik-titik tertentu di kedua sisi sendi, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawahnya.

Sebuah simbol las juga dapat menentukan sudut, membuka root atau dimensi akar wajah. Hal ini biasa terjadi ketika logam dasar yang akan dilas pada lebih tebal dari 1/4 inci. Contoh berikut adalah simbol dan gambar  sambungan celah V :
Dasar-dasar Simbol pengelasan
Suatu alur las memiliki dimensi ditulis dalam simbol. Yang pertama adalah 1/8, yang berkaitan dengan pembukaan jarak 1/8 inci. Jumlah yang lebih besar di bawah itu menandakan 45 derajat, yang mewakili sudut diantara pelat. berarti jumlah sudut miring di setiap sisi. contoh ini bevel dibuat pada setiap lempeng masing masing adalah 22,5 derajat yang sama dengan 45 derajat.

 Simbol lain dan Beberapa Baris Referensi
Bagian lain dari simbol pengelasan secara keseluruhan, di persimpangan garis referensi dan garis utama, dua simbol lainnya dapat dimasukkan, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Dasar-dasar Simbol pengelasan
Sebuah tiang bendera menunjukkan pengelasan di lapangan, yang hanya memberitahu tukang las untuk melakukan pekerjaan ditempat, Las-semua-sekitar lingkaran, terletak di persimpangan yang sama, berarti hanya itu. Simbol ini sering digunakan dalam pipa bulat atau persegi, perlu las di semua sisi.

Beberapa jenis lain dari petunjuk, lihat di gambar:
Dasar-dasar Simbol pengelasan
Kurva terletak di atas wajah simbol las ini menetapkan bahwa las diselesaikan  harus datar, cembung atau cekung. Jika melihat garis lurus, maka itu adalah las datar,  Seperti ditunjukkan di kanan atas, pengelasan simbol V dengan kotak di atas itu menunjukkan strip backing atau bar diperlukan untuk bersama ini. Strip atau bar harus dilas ke sisi bawah atau belakang sambungan sebelum las alur dilakukan.
Sebuah strip dukungan atau bar kadang-kadang kita bingung dengan "back weld". atau " las kembali" Mereka tidak sama dengan menggunakan strip dukungan. Sebuah las kembali adalah di mana las kedua dibuat di sisi belakang sendi setelah alur las utama selesai. Sebaliknya, las backing adalah las yang tukang las lakukan pertama (sehingga melayani fungsi yang sama sebagai strip backing). Sebuah strip dukungan adalah sepotong logam dilas pada bagian bawah plat untuk memfasilitasi kelancaran, Masing-masing tiga pilihan ini diilustrasikan di bawah ini menggunakan kedua ekor dan simbol las untuk berkomunikasi apa yang harus dikerjakan.

Dasar-dasar Simbol pengelasan
Satu -satunya perbedaan antara bagian belakang dan dukungan lasan adalah ketika kita lihat. Simbol terlihat sama, sehingga keduanya harus ditentukan oleh nama. Dalam simbol ketiga, dimensi dan jenis baja (A-38) untuk dukungan jalur yang ditentukan.

Ketika operasi pengelasan melibatkan banyak langkah-langkah, Anda kadang-kadang akan melihat beberapa baris referensi pada simbol pengelasan, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:
Dasar-dasar Simbol pengelasan
Untuk menjaga instruksi yang jelas, beberapa jalur referensi dapat memperpanjang dari garis utama di lintasan paralel. Setiap baris mewakili perintah terpisah dan dilakukan dalam rangka, dimulai dengan garis yang paling dekat dengan panah.

sumber referensi
:-teknis las dasar
- http://www.wcwelding.com