; -->

Membuat sendiri Mesin bubut kayu mini


Membuat sendiri Mesin bubut kayu mini

Tukang kayu adalah perajin terampil yang membuat atau memperbaiki struktur kayu. Tukang kayu memiliki keterampilan mengolah material kayu untuk membuat elemen rumah seperti : pintu, jendela, kursi, lemari, hiasan, bahkan membangun rumah, juga perlengkapan gedung, atau membuat kerangka awal jembatan dan jalan, dll. Termasuk di dalamnya adalah tukang yang terampil membuat furnitur, seperti meja, kursi, lemari, dan perabot pengisi rumah lain dengan bahan baku kayu.

Tukang kayu dalam dunia konstruksi biasanya berkerja mengerjakan berbagai perkerjaan kayu, seperti pembuatan bekisting, kusen, rangka plafon dan/atau plafon kayu, dll. Pada perkerjaan perkerjaan skala besar, mereka biasanya berurutan dengan proyek itu dari awal, mulai dari perkerjaan persiapan hingga penyelesaian / finishing.

Peralatan kerja tukang kayu, antara lain gergaji kayu, palu, alat serut kayu, alat pahat, bor, meteran, dan pengukur sudut. Tukang kayu selalu menambahkan sesuatu pada peralatan mereka dan selalu belajar bagaimana menggunakan alat, bahan, dan cara kerja baru.

Selain memahami bahan (berbagai jenis kayu) dan menguasai peralatan, tukang kayu terutama yang berkerja dengan standar tertentu perlu juga memiliki kecermatan atas ketepatan dan kemampuan membaca gambar kerja.

Banyak tukang kayu memiliki untuk fokus pada satu bidang saja. Sebagian lainnya fokus pada pembuatan benda benda yang tampak sederhana dan struktural, seperti kusen untuk jendela atau peti kayu untuk pengapalan. Tukang kayu akhir akan fokus pada benda benda yang mendetail dan artistik seperti mabel dan mainan, demikian pula dengan peralatan / permesinan yang digunakan.


Membentuk sepotong kayu dapat menggunakan mesin bubut, sebuah mesin bubut kayu berfungsi untuk membentuk, memotong, bentuk yang simetris diantara sumbu rotasi, mesin bubut kayu merupakan mekanisme sederhana yang dapat menghasilkan berbagai bentuk barang seperti gagang pintu, pemegang alat, hiasan, dan dekorasi furniture. Juga menghasilkan karya seni lainnya, seperti karya seni tradisional maupun modern, sehingga di tangan orang orang dengan hobi seni dapat menemukan berbagai karya dan kesenangan yang dapat dinikmati melalui kualitas sentuhan dari visual kayu.


Gambar 1. membuat sendiri bubut kayu mini

Prinsip kerja mesin bubut kayu
Proses pembubutan adalah proses permesinan menggunakan pahat sayat potong untuk membuang material dari permukaan benda kerja yang berputar, pahat sayat bergerak searah linier sejajar sumbu putar benda kerja, sehingga terjadi sayatan dari pahat terhadap benda kerja.

Bentuk bentuk pahat sayat dapat yang umumnya di pakai pada mesin bubut kayu, biasanya pahat sayat  pada gagangnya di balut dengan kayu untuk kenyamana dalam memegang,


Gambar 2. Pahat sayat bubut kayu.

Dengan mengetahui beberapa teori standar dalam mengoperasikan mesin bubut kayu , dan mesin yang kontruksinya cukup simple sehingga kita dapat membuatnya sendiri di rumah, banyak orang orang membuat sendiri mesin bubut kayu ini dengan menggunakan bahan kayu, banyak pula yang menggunakan logam kesemuanya digunakan untuk keperluan mereka sendiri.

Video Dibawah ini memperlihatkan bagaimana cara membuat, dan beberapa langkah pemasangan komponen serta proses pembubutannya.