; -->

Pengiris kacang tanah untuk rempeyek, alat sederhana

Pengiris kacang tanah untuk rempeyek

Rempeyek
Rempeyek adalah semacam makanan yang biasanya dimakan bersamaan dengan nasi sebagai pengganti kerupuk dan semacamnya, rempeyek merupakan makanan turun temurun dari orang tua kita jaman dulu, rempeyek banyak dijumpai didaerah di indonesia terutama di pulau jawa, makanan rempeyek termasuk makanan gorengan kering, dengan bahan dasar terigu, rempeyek saat ini masih banyak disajikan seperti olahan aslinya, dan sedikit pengembangan bergeser menjadi makanan cemilan yang sangat disukai.

Seperti yang diterangkan diatas rempeyek dibuat dari bahan dasar terigu yang diolah dicampur air hingga kental untuk penambahan rasa ditambah dan ditaburi kacang tanah diatasnya kemudian digoreng sampai kering. 

Pada kesempatan ini saya mencoba memodifikasi alat yang sederhana untuk mengiris kacang campuran rempeyek ini dengan tujuan menyiasati harga kacang tanah yang semakin tinggi, dengan demikian masih bisa bersaing dalam harga penjualan rempeyek. dengan tidak mengurangi rasa dari rempeyek itu sendiri.

Alat sederhana pengiris rempeyek ini kacang diiris menjadi kecil atau tipis, dengan menggunakan pisau yang berputar dan dilakukan secara manual, namun hasilnya cukup cepat dan memuaskan, cara mengopersikan alat ini sangat mudah, bahan kacang tanah dimasukan kedalam alat melalui corong dan kemudian mengirisnya dengan memutarkan pisau melalui gagang handel pemutar sehingga hasil pengirisan jatuh kebawah dan di tampung dengan wadah.

dibawah ini diperlihatkan video cara pengoperasian alat sederhana pengiris kacang tanah untuk rempeyek.
semoga bermanfaat.