; -->

DIY pantografh mesin duplikat / copy sederhana


DIY pantografh mesin duplikat / copy sederhana

Mesin duplikat

Mesin duplikat adalah alat yang menggunakan pisau logam pemotong yang keras atau bor pemotong berbentuk lurus atau profil  untuk memotong bahan yang lebih lunak seperti kayu, alumunium, plastik, nylon, teplon, ataupun logam. Untuk menghasilkan bentuk yang serupa baik dengn ukuran yang sama atau dengan ukuran berbeda / berskala.umunya ini disebut pantografh atau duplikator.

Seperti halnya namanya pantograf telah mengalami beberapa perubahan, teknologi telah memberikan banyak kemudahan dalan banyak hal, mulai dari manual sampai dengan menggunakan CNC.

Dengan pantografh mesin duplikat / copy sederhana ini memungkinkan kita dapat membuat ulang menduplikat benda, ukiran, yang luar biasa hanya dengan mengikuti petunjuk dari gambar atau pola yang telah kita buat sebelumnya melalui pena dan mengikuti kontur bentuk sekelilingnya.

Mekanisme gerak manual telah digantikan dengan robot dan CNC dengan program yang memberikan lebih kemudahan bagi operator dalam mengoperasikannya, namun disini hanya mencoba salah satu diantara mekanisme sistem operasi manual yang telah penulis coba untuk membuatnya sendiri sehingga dapat memberikan gambaran cara kerja dari alat pantografh ini dilengkapi dengan video ketika membuat benda kerja sebagai percobaan, mesin potong yang umumnya menggunakan router penulis mencoba dengan menggunakan mesin bor tangan.
.

DIY pantografh mesin duplikat / copy sederhana

gambar 1. DIY pantografh mesin duplikat / copy sederhana
bagian bagian mesin DIY pantografh mesin duplikat / copy sederhana.

Dengan banyaknya keperluan akan hasil yang harapkan dan berbagai bentuk serta pola yang dibuat umumnya untuk para pembuat kerajinan dari kayu, dengan berbagai kelebihannya, maka mesin pantografh mesin duplikat / copy sederhana ini sangat penting untuk dipunyai,

Kelebihan dari mesin pantografh mesin duplikat / copy sederhana ini adalah kesamaan bentuk sesuai pola dalam jumlah tidak terbatas. dengan bentuk rancangan mesin ini terlihat kontruksi  lebih ramping dan minimalis dan dipilih yang paling mudah dibuatnya, untuk lebih optimal dalam pengoperasiannya serta hasil yang diperoleh diperlukan kepresisian dalam pembuatannya.

gambar 2. Video DIY pantografh mesin duplikat / copy sederhana