; -->

Mengenal Alat pembengkok / bender serbaguna


Alat pembengkok / bender serbaguna

Pada posting artikel sebelumnya telah di kenal macam macam alat pembengkok / penekuk atau bending, Diantara banyak komponen peralatan bengkel atau pabrikasi, beberapa peralatan yang diperlukan ketika akan melakukan pekerjaan pembengkokan ada kemungkinan untuk mengefisienkan serta kemudahan pekerjaan dimana satu alat dapat melakukan beberapa pekerjaan sekaligus.

Proses pekerjaan yang dapat dilakukan pada contoh ini adalah : bending, pengerolan, dan tekuk sudut. Beberapa keuntungan yang pernah dipraktekan penulis dengan mencoba membuat alat seperti ini adalah tenaga penekukan yang cukup besar serta kemudahan dalam pengoperasian disamping itu dapat dibawa kemana mana jika dibuat dengan ukuran kecil.

Dibawah ini adalah bagian dari komponen alat bending serbaguna


Alat pembengkok / bender serbaguna

 gambar 1. alat tekuk serba guna

1. tuas / engkol
2. eksentrik
3. cam
4. bearing rol
5. dies
6. bending rol.

Alat pembengkok / bender serbaguna
 gambar 2. animasi cara kerja alat tekuk serba guna

Cara kerja alat pembengkok / bender serbaguna ini secara umum sangat mudah di kerjakan, walaupun kontruksi alat ini masih dibuat manual, pertama jika kita akan melakukan pekerjaan bending dengan sudut tumpul / besar, maka yang dilakukan adalah meletakan benda kerja misalnya as bulat / behel / kawat pada kedua bearing rol, kemudian menggerakkan tuas untuk menekan , yang kedua, jika kita akan melakukan pekerjaan bending dengan sudut tajam, benda kerja diletakan pada dies V di ujung alat ini, kemudian menggerakkan tuas untuk penekanan. Yang ketiga, jika kita akan melakukan proses pekerjaan rol, maka benda kerja diletakan diantara ketiga bearing, kemudian menggerakan tuas sedikit demi sedikit untuk penekanan, ada tambahan setelan di belakang alat ini yaitu baut untuk stopper adjuster yang memungkinkan kita untuk menghasilkan ukuran diameter lingkaran yang diinginkan. Dengan alat ini tentunya sangat diperlukan untuk pekerjaan pekerjaan baik yang ukuran kecil maupun yang besar.

Video dibawah ini contoh aplikasi alat ini ketika dioperasikan

https://youtu.be/QZ0-AbWnSkg