; -->

mengenal tentang turbin air

Mengenal Turbin air


Turbin air adalah alat untuk mengubah energi potensial air menjadi menjadi energi mekanik. Energi mekanik ini kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator.
Sekilas mengenal energi, mengapa penting untuk  menyimpannya dan  orang berbicara begitu banyak tentang energi terbarukan.

Kita sudah tahu, energi diperlukan untuk banyak dengan berbagai keperluan, untuk memanaskan atau mendinginkan  rumah, untuk menjalankan kendaraan. kita juga membutuhkan energi untuk menghidupkan lampu di kamar tidur kita, untuk memasak makanan, untuk komputer dan TV. Untuk melakukan semua hal ini, kita tidak  perlu kayu dan daun layu untuk membakar di perapian, untuk menghasilkan energi listrik untuk lampu dapat menggunakan dengan pembangkit listrik tenaga air, pembangkit nuklir dan kincir angina dan lain lain..

Energy digunakan untuk kegiatan sehari-hari semua bergantung pada energy, dalam hal ini energy listrik, Bayangkan apa yang bisa terjadi jika satu hari tidak ada lagi minyak atau batubara untuk kebutuhan kendaraan, mobil, untuk menghangatkan rumah, untuk menjalankan pabrik, atau menyalakan kompor. Atau jika satu hari tidak ada lagi listrik.
sumber energi dapat dibagi dalam dua kelompok: yang non-terbarukan dan terbarukan.

sumber energi tak terbarukan yang diwakili oleh bahan bakar fosil (seperti minyak, batubara dan gas) dan uranium. Suatu saat sumber energy ini akan habis, dan itu tidak akan muncul lagi dalam waktu singkat.

Kebanyakan sumber energi non-terbarukan juga berpotensi buruk bagi masyarakat dan kesehatan lingkungan. Misalnya, pembakaran bahan bakar fosil (seperti knalpot dari kendaraan, sistem pemanas, pabrik atau pembangkit listrik) menghasilkan asap dan gas yang mencemari udara yang kita hirup dan bisa membuat sakit paru-paru kita atau hati kita. Selain itu, gas rumah kaca yang dilepaskan di udara ketika bahan bakar yang terbakar dapat menyebabkan pemanasan global (peningkatan suhu atmosfer bumi) dan hujan asam (hujan yang mengandung gas asam berbahaya yang dihasilkan selama pembakaran bahan bakar fosil).
mengenal tentang turbin air

sumber energi terbarukan yang diwakili oleh matahari, angin, tenaga air, biomassa, panas bumi, pasang surut. digunakan  untuk menghasilkan listrik untuk peralatan dan kebutuhan seeperti di uraikan diatas, untuk menghasilkan listrik. PLTA  menggunakan energi yang dihasilkan dari air yang mengalir untuk memutar turbin dan menghasilkan listrik. .


sebagian besar sumber energi terbarukan tidak menghasilkan polutan atau gas rumah kaca ketika diubah menjadi listrik atau panas. Turbin air salah satu dari energy terbarukan Untuk alasan ini, energi yang dihasilkan oleh sumber-sumber ini juga disebut "energi hijau".
Gambar ilustrasi dari kerja turbin air