; -->

Cara menggergaji besi, memilih ukuran gergaji dan cara memasangnya

Menggergaji besi, ukuran gergaji dan cara memasangnya


Gergaji besi

Gergaji besi digunakan untuk memotong baja dan logam lainnya. Ini juga bisa digunakan untuk memotong plastik, atau juga kayu, meski biasanya tidak digunakan untuk memotong kayu. Kadang-kadang disebut gergaji adjustable karena panjang frame dapat diubah untuk menahan bilah dengan ukuran yang berbeda. 

Pisau gergaji tangan manual di pasaran biasanya dipasok dalam dua ukuran panjang yang standar yaitu 250mm dan 300mm. dua ukuran ini dapat dipasang pada frame gergaji Jika sekrup pengatur dilepas, rangka bisa ditekan ke pegangan sehingga bilah yang lebih kecil pas dengan gergaji besi. 
Cara menggergaji besi, memilih ukuran gergaji dan cara memasangnya


Pisau gergaji juga digambarkan dengan jumlah gigi per inci (TPI). Mata pisau gergaji memiliki ukuran gigi 14, 18, 24, 32 per 25mm (inci). Sebuah pisau dengan 14 TPI kasar, pisau dengan 24 TPI sedang,  sementara pisau dengan 32 TPI sangat halus.

dibawah ini diperlihatkan tabel mata pisau untuk gergaji dengan ukuran jumlah gigi (TPI) dan penggunaannya

tabel mata pisau untuk gergaji dan cara penggunaanya
Jumlah mata pisau per inch
Kegunaan pemotongan
14 gigi per inch (TPI)     (kasar)
Untuk alumunium, dan logam lunak
18 gigi per inch (TPI)     (cukup kasar)
Untuk pemotongan umum
24 gigi per inch (TPI)     (sedang)
Untuk pemotongan besi 5 -  6 mm
32 gigi per inch (TPI)     (halus)
Untuk pemotongan hollow dan pipa


Cara penggunaan gergaji harus diperhatikan kecepatan nya berdasarkan bahan yang akan dipotong. semakin keras bahan semakin lambat gerakan pemotongannya. disamping stand berdiri yang baik dan cara memegang gergaji berguna sekali dalam menentukan tekan, ayunan dan kecepatan.

Ketika mata gergaji tumpul atau putus dan perlu diganti.
Cara menggergaji besi, memilih ukuran gergaji dan cara memasangnya


Mata Pisau gergaji  itu bisa diganti dengan melonggarkan adjuster sayap sayap sampai terlepas dari dua 'kancing' atau stud yang biasanya menahannya dalam ketegangan di bingkai.

Mata Pisau gergaji  harus selalu diposisikan dengan gigi yang mengarah kedepan atau menjauh dari gagangnya.

Dua jenis gergaji besi umumnya tersedia. Bilah Baja Karbon Tinggi digunakan untuk pemotongan / penggergajian umum. Mereka tidak bertahan lama dengan pisau High Speed Steel. Ini jauh lebih mahal tapi tetap bertahan lebih lama dan cocok untuk memotong bahan keras seperti baja tahan karat dan paduan.

Memilih Pisau gergaji  yang benar agar sesuai dengan bahan yang harus dipotong penting saat memasang gergaji besi. Pisau High Speed Steel (HSS) digunakan untuk material yang tangguh dan tahan, sedangkan bilah Baja Karbon Tinggi untuk pemotongan umum.

Memilih jumlah gigi yang benar per inci (  25,4 mm ) juga penting. Aturan umumnya adalah setidaknya tiga gigi harus melintasi permukaan material yang akan dipotong.

Material bahan yang akan di potong  harus ditandai dengan hati-hati. Ini biasanya melibatkan menggunakan alat lain seperti siku  busur dan penggores.

Satu tangan memegang gagang gergaji tangan. Perhatikan bagaimana jari telunjuk digunakan untuk menopang pegangan dan juga menunjuk ke arah pemotongan.

Tangan satunya memegang bingkai, di dekat sayap sayap. Pemotongan / penggergajian harus dilakukan dekat dengan rahang ragum dan tidak lebih dari 10 mm. Ini memastikan bahwa logam tidak melenturkan atau membengkokkan di bawah kekuatan gergaji besi dan gerakan penggergajian.
Cara menggergaji besi, memilih ukuran gergaji dan cara memasangnya



Langkah penggergajian :

Langkah 1
- Istirahat pisau terhadap bahan
Istirahatkan bilah gergaji besi ke permukaan material
Cara menggergaji besi, memilih ukuran gergaji dan cara memasangnya

Langkah 2
 - Tarik  kembali ke arah Anda
Tarik gergaji ke arah Anda, aplikasikan sedikit tekanan ke bawah dalam satu pukulan panjang dan lambat. Meskipun pemotongan gergaji pada dorongan stroke, beberapa goresan pertama harus dilakukan dengan menarik pisau ke arah Anda. Tindakan ini memungkinkan tindakan penggergajian lebih lembut untuk mengurangi luka Anda

Begitu potongan pertama dibuat, Anda harus menerapkan tekanan pada pukulan dorong, dan sedikit bebas pada pukulan balik

Meskipun memiliki kedua tangan di gergaji, Anda hanya harus mendorong gergaji dengan tangan dominan Anda (atau yang memegang gagangnya).
Gunakan tangan Anda yang lain hanya untuk memandu gergaji dan tetap pada jalurnya. 

Langkah 3 
- kecepatan pemotongan
Begitu potongan pertama dibuat, kita bisa meningkatkan kecepatan, dan melihat irama yang tetap

Jangan memotong terlalu cepat karena hal ini bisa menyebabkan pisau memanas dan menjadi tumpul dengan cepat. (Sekitar 1 stroke per detik adalah ritme yang bagus untuk dipelihara).

Semakin keras bahan yang di potong semakin lambat ritme stroke penggergajian
Normal kecepatan 1 ayunan pemotongan = ± 1 detik

1 menit = 60 stroke ritme ayunan

Saat logam sudah dipotong, itu akan perlu pengikiran. Ini menghilangkan tajam sisi tajam sehingga logam bisa ditangani dengan aman, tanpa kemungkinan luka ke tangan.