; -->

Cara membuat mesin Arumanis

Cara membuat mesin Arumanis

Arumanis (cotton candy)
Arumanis atau aromanis (cotton candy) merupakan salah satu jajanan paporit dari jaman dulu yang dikenal dengan rambut nenek, arumanis terbuat dari gula yang diberi warna warni dan rasanya yang manis ini disukai oleh anak anak.

Pembuatan arumanis merupakan proses yang dinanti untuk dilihat sekumpulan anak anak sebelum membelinya, ketika alat pembuat arumanis bekerja dengan cara manual diputar oleh pedagang, gula pasir yang dimasukan pada tungku kecil yang berputar dan dipanaskan gula pasir yang meleleh keluar menjadi rambut nenek yang halus akibat adanya gaya sentripugal dari putaran tungku yang diberi lubang lubang kecil di sekelilingnya ampas gula yang keluar seperti rambut nenek ini disangga oleh sebilah potongan bambu kecil untuk mengumpulkannya menjadi gulungan rambut nenek / arumani yang mengembang dan membesar. Itulah yang menjadi daya tarik anak anak untuk membelinya disamping rasanya yang enak manis dan terasa renyah.

Seiring perkembangan zaman proses pembuatan arumanis atau cotton candy ini sekarang ini banyak dijual di tempat tempat wisata, tempat hiburan bahkan di mall mall, selain itu varian warna yang menarik disajikan dengan aneka bentuk yang menarik pula seperti bentuk bulat, lonjong, bunga dan bahkan binatang, sehingga makanan sederhana ini menjadi lebih dikenal dan tetap eksis sampai sekarang.

Dari uraian diatas tadi merupakan perjalanan panjang tentang makana arumanis, di dalam artikel kali ini mencoba untuk mengenal lebih dalam bagaimana cara membuat arumanis dengan membuat mesin arumanis sederhana, jika anda berminat dibawah ini proses pembuata mesin arumanis dengan cara manual dan cara otomatis dengan penggerak dinamo mesin jahit yang digerakan oleh aki / accu motor 12V, sehingga dapat dibawa kemana mana.

Bagian bagian komponen mesin arumanis 


 Cara membuat mesin Arumanis
Gambar 1.  mesin arumanis 

Bagian bagian komponen mesin arumanis otomatis dengan penggerak dinamo mesin jahit dan Accu. :

Rangka
Tampan arumanis
Tungku
Bearing
Pemanas api
Penggerak dinamo mesin jahit 120 watt
Puly
V belt
Accu
Inventer 300 watt dc 12 V to ac 120 watt




Cara membuat mesin Arumanis
Gambar 2.  komponen mesin arumanis 

Cara membuat mesin Arumanis
Gambar 3.  komponen mesin arumanis 

Cara membuat mesin Arumanis
Gambar 4.  komponen inventer mesin arumanis 

Cara membuat mesin Arumanis
Gambar 5.  komponen mesin penggerak (dinamo mesin jahit 120 watt, inventer 300 watt, dc 12v to ac 120 watt)

Cara membuat mesin Arumanis

Gambar 6. bagian dalam mesin arumanis dengan penggerak dinamo mesin jahit dan Accu.

Pada proses pembuatan penggerak dinamo mesin jahit kita dapat merubah dengan atau tanpa puly, hanya saja jika putaran terasa terlalu cepat maka puli tambahan diperlukan, atau kita bisa membuat rangkaian pengatur kecepatan jika diperlukan.

Pemanas yang diperlukan untuk pedagang keliling lebih cocok menggunakan pemanas dengan spirtus, namun jika kita ingin stand by secara permanen misalnya di suatu tempat atau mall, maka pemanas akan lebih cocok untuk menggunakan elemen yang dapat diatur.