; -->

Asesoris pagar antik buatan sendiri

Asesoris pagar antik buatan sendiri

Besar kemungkinan model bentuk pagar yang sekarang sedang trend dengan gaya minimalis suatu saat akan kembali dengan trend model bentuk pagar klasik, seperti penambahan besi tempa dan asesoris besi tekukan yang pernah menjadi trend di tahun 80 -90 an namun dengan sedikit model dan gaya yang kekinian. seprti halnya di negara negara eropa lainya masyarakat masih berminat dan tetap menggandrungi model model klasik karena secara desain model klasik akan tetap terlihat elegan, unik, antik, dan terlihat mahal.

Pada kesempatan ini mencoba untuk melihat sedikit teknik dan cara membuat sendiri asesoris pagar yang unik / antik  dan dapat dibuat dengan menggunakan alat sederhana,  alat  dapat juga dibuat sendiri, ini akan lebih memudahkan dalam meodifikasi dalam prosesnya yang disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan, dengan membuat alat sendiri juga akan lebih menekan biaya produksi terlebih jika digunakan dengan memanfaatkan dari bahan bahan bekas yang ada.


Asesoris pagar antik buatan sendiri

Gambar 1. Asesoris pagar antik buatan sendiri


Sesuai tema diatas suatu pagar juga selain sebagai pembatas tetapi dapat menjadi sebagai tampilan dekorasi yang mempercantik rumah, halaman dan lingkungan sekitar,  dengan ini asesoris suatu pagar menjadi bagian yang sangat penting, asesoris pagar dapat dibuat dengan berbagai bentuk dan gaya oleh si pembuat pagar di bengkelnya, semakin unik dan antik akan semakin mahal dalam pembuatannya, namun yang unik dan antik  juga tidak harus selalu mahal tergantung penerapan asesoris yang murah dapat terlihat mahal dengan penerapan yang dibuat dan disusun dengan seni.

Pemilihan bentuk dan motif pagar tentunya menjadi faktor yang cukup penting dalam komponen elemen rumah, ukuran material disesuaikan dengan selera, tampilan rumah tidak hanya menarik akan tetapi juga tetap mempertahankan fungsinya. Dalam hal ini fungsi pagar salah satunya  adalah sebagai privasi dan keamanan.

Dibawah ini hanya contoh sederhana yang mungkin dapat dilakukan untuk memperolah seni dekorasi pagar sederhana yang dapat dibuat sendiri dengan alat sederhana pula, seperti konsep asesoris pagar lainnya seperti asesoris pagar nanas, tombak, bunga, dan lainnya, dengan sedikit memodifikasi bentuk untuk memberikan konsumen dengan bentuk yang sedikit berbeda dan tidak membosankan, maka perlu sedikit kreatifitas dengan tetap menekan biaya yang tinggi.

Ada beberapa konsep dan ide yang dapat diterapkan dengan model asesoris pagar ini, seperti digunakan untuk bagian atas sebagai pengganti tombak, dapat juga diterapkan ditengah tengah antara bahan besi begel, nako sebagai pengganti asesoris nanas, dan juga dapat diterapkan dengan cara menyusun seperti bentuk lingkaran atau segi empat, ini akan terlihat lebih unik dan antik, selain itu juga asesoris ini dapat diterapkan di berbagai model pagar dan teralis.

Tip pagar antik buatan sendiri

Jika Anda ingin membuat pagar antik sendiri, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti:

1. Perencanaan: Tentukan desain pagar antik yang ingin Anda buat. Pertimbangkan gaya, ukuran, bahan, dan dekorasi yang ingin Anda tambahkan. Buatlah gambar atau sketsa desain sebagai panduan.

2. Pengukuran: Tentukan lokasi di mana pagar akan dipasang. Ukur dengan teliti area tersebut untuk menentukan berapa banyak bahan yang akan Anda perlukan. Ini juga membantu Anda memastikan pagar berukuran tepat.

3. Pilihan bahan: Pilih bahan yang cocok untuk pagar antik Anda. Beberapa bahan yang umum digunakan adalah kayu, besi cor, batu, atau gabungan dari beberapa bahan. Pilih bahan yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan Anda.

4. Persiapan bahan: Potong atau bentuk bahan sesuai dengan desain Anda. Jika Anda menggunakan kayu, potonglah sesuai ukuran yang diinginkan dan periksa agar tidak ada serat yang melenceng. Jika Anda menggunakan besi, pastikan Anda telah memotong dan membentuknya sesuai desain yang diinginkan.

5. Perakitan: Mulailah merakit pagar antik Anda. Ikuti desain dan panduan yang telah Anda buat sebelumnya. Gunakan paku, sekrup, atau bahan pengikat lainnya yang sesuai untuk menghubungkan bagian-bagian pagar.

6. Dekorasi: Tambahkan elemen dekoratif untuk memperindah pagar antik Anda. Ini bisa berupa ukiran, ukir-ukiran, lukisan, atau aksesori lain yang sesuai dengan gaya pagar yang Anda inginkan. Buatlah bagian ini sesuai dengan preferensi pribadi Anda.

7. Finishing: Setelah pagar antik Anda terpasang dan dirakit, lakukan langkah finishing yang sesuai dengan bahan yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan kayu, cat atau lapisi dengan bahan perlindungan kayu yang sesuai. Jika menggunakan besi, lakukan proses pelapisan atau pengecatan agar tahan terhadap korosi.

Pastikan Anda melakukan penelitian lebih lanjut dan mengikuti prosedur keselamatan yang tepat saat bekerja dengan alat dan bahan. Jika Anda merasa tidak yakin atau kurang berpengalaman dalam proyek ini, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional atau tukang kayu/besi yang terampil untuk membantu Anda dalam membuat pagar antik.





Desain pagar besi kini banyak digunakan oleh masyarakat untuk mempercantik elemen depan halaman rumah agar terlihat lebih enarik dan menawan, karena manfaat dan pengaruh tampilan visual sangatlah beragam, terlebih selera konsumen.