; -->

Fungsi Mesin poles polishing buffing dan faktor keselamatan

Fungsi Mesin poles (polishing/buffing), dan faktor keselamatan


Mesin Poles (juga disebut Buffing Machine) digunakan untuk memoles, menghaluskan atau mengkilapkan logam, termasuk tembaga dan kuningan serta plastik seperti perspex, kadang juga kayu. Kedua 'mops' berputar dengan kecepatan tinggi saat tombol 'on' ditekan. 

Jika bahan ditekan dengan hati-hati terhadap pel dan bergerak ke belakang dan ke depan maka akan dipoles. 


Bahan harus berikan ke goresan yang terhapus dan kemudian kain basah dan kering atau kain ampelas digunakan untuk menghaluskan permukaan lebih lanjut. Baru setelah itu bisa dipoles pada mesin penggosok.


Mesin poles /buffing fungsi dan faktor keselamatan



gambar 1. bagian bagian utama mesin poles


Pada gambar Diagram di bawah gambar (A),  menunjukkan cara yang benar untuk menahan pekerjaan dan bagaimana seharusnya didorong dengan lembut ke pel pelepas. Pekerjaan harus dipegang teguh di kedua tangan dan bergerak mundur dan maju melawan bagian bawah pel. Jika pekerjaan dipegang di satu tempat pelop akan memakai dengan cepat sehingga sulit untuk memoles bahan. Gunakan lebar penuh pel.
Perhatian yang besar harus dilakukan agar sudut atas pekerjaan tidak tertangkap oleh pel pelepas. Jika ini terjadi pekerjaan akan robek dari kedua tangan dan akan terbang dengan kecepatan tinggi ke penjaga. Bila ini terjadi maka bisa sangat menakutkan.

Mesin poles /buffing fungsi dan faktor keselamatan

gambar 2. proses polish yang di anjurkan


Pada gambar (B), Ini jelas cara yang berbahaya untuk menahan pekerjaan karena pojok paling atas akan tertangkap oleh pelop yang berputar

Pada gambar (B), Kecelakaan lain yang berbahaya akan segera terjadi. Pekerjaan akan ditekan ke bagian atas pel. Ini harus dihindari karena pekerjaan akan dicabik dari tangan operator dan akan terbang dengan kecepatan tinggi ke arahnya.

Aturan keselamatan

Aturan keselamatan dasar harus diikuti saat menggunakan mesin pemoles / penggosok. Baca peraturan keselamatan yang diuraikan di bawah ini dan kemudian  bekerja dengan aman.

1 . Selalu pakai kacamata - potongan kecil pel dan cat akan terbang keluar dari mesin saat sedang digunakan. kacamata akan mencegah kerusakan pada mata.
2. Selalu kenakan apron atau secara keseluruhan. Ini akan menahan pakaian longgar. Misalnya, dasi bisa dengan mudah tertangkap oleh pelop yang berputar, ini akan menarik operator mesin ke penggosok. Hal ini akan mengakibatkan kecelakaan yang sangat berbahaya dan mungkin fatal.
3 . Selalu poleskan pekerjaan ke bagian bawah pel, jangan sampai bagian atas.
4 . Jangan biarkan ujung atas pekerjaan tertangkap oleh pel.
5 . Selalu siap menggunakan stop stop (emergency stop button). Minta kaki Anda siap menekannya jika perlu.
6 . Meskipun mesin buffing memiliki dua pel yang memutar pada waktu bersamaan. Mesin hanya bisa dioperasikan oleh satu orang.
7 . Baca keamanan umum catatan tentang keselamatan di bengkel dan ikuti ini saat menggunakan peralatan dan peralatan