; -->

Cara kerja Mesin pencacah plastic sederhana

Cara kerja Mesin pencacah plastic

Mesin pencacah plastik adalah alat yang dibuat untuk menghasilkan cacahan dari barang barang plastic menjadi bagian bagian kecil dengan ukuran tertentu agar dapat di gunakan untuk proses selanjutnya, mesin pencacah plastik saat ini banyak beragam bentuk dari bentuk casing, ukuran kapasitas sampai bentuk pisau potongnya, namun dari berbagai bentuk tersebut fungsi nya sama, banyak masyarakat membuka usaha dari barang bekas ini diantaranya dari bahan plastic , khususnya barang bekas plastic botol atau gelas air minuman, saat ini sudah diproses dengan mesin pencacah plastic untuk dijual dalam bentuk serbuk / butiran cacah dengan ukuran tertentu, hal ini dikarenakan harga jual hasil pencacahan lebih mahal.

Dari segi kontruksi mesin pencacah plastic ini cukup sederhana dan aman didalam penggunaannya. Dengan kontruksi dan bentuk casing bagian atas seperti ini (lihat gambar) cukup memberikan keamanan selama proses pencacahan barang atau bahan yang masuk kedalam mesin biasanya akan ada efek pentalan dari gaya sentrifugal pisau potong yang menghentakan sisa pototongan atau bahan yang akan dipotong ketika pisau sedang dalam pemotongan bahan sebelumnya. Dengan sudut sudut corong suplay yang diberikan pada dinding pintu dan ruangan masuk akan memberikan pantulan kembali kedalam area pisau pemotong tanpa terlempar keluar dari mesin sehingga tidak membahayakan pengguna atau operator mesin.

Untuk penyetelan atau mengganti  pisau potong cukup dibuka bagian baut bawah ditengan diantara pisau potong.  Cukup mudah dalam segi perawatannya.
cara kerjanya dapat dilihat dalam gambar dan animasi dibawah ini.
Gambar bagian bagian mesin pencacah plastic:


Cara kerja Mesin pencacah plastic sederhana

gambar.1 bagian bagian mesin pencacah plastik

Cara kerja Mesin pencacah plastic sederhana
gambar.2 gerakan animasi mesin pencacah plastik


Cara kerja
  1. Botol atau gelas plastic yang akan diproses sebelumnya di bersihkan atau dibuang terlebih dahulu bagian kepala tutup botol atau gelas yang terlihat tebal, dengan manual atau menggunakan alat bantu tergantung alat yang dimiliki.
  2. Jika sudah bersih dan siap diproses bias dimasukkan sedikit demi sedikit kedalam pencacah plastic.
  3. Untuk wadah hasil pencacahan bias menggunakan wadah yang bisa diganti ganti atau dengan tempat tertentu yang telah dibentuk secara permanen, bak kayu kayu atau tembok.
  4. Hasil yang keluar dari pencacahan tersebut telah melalui bagian saringan dengan lubang tertentu sehingga hasilnya sudah dalam ukuran yang sama. Walau demikian akan  ada bagian yang lebih kecil atau bubuk, yang natinya bias di pisah dalam penyimpanan.
  5. Hasil pencacahan biasnya akan dibersihkan dan dikeringkan sebelum penyimpanan dan pengiriman.