; -->

Tentang Mesin laminasi triplek sederhana

Mesin Laminasi Triplek

Triplek seperti whiteboard atau warna apa saja bisa dilapis dengan alat ini, dan sudah dibuat dan diproduksi oleh perusahaan triplek dengan kapasitas produksi yang cukup banyak.

posting kali ini artikel singkat tentang Mesin Laminasi triplek sederhana~ dimana kontruksi dari rancang bangun ini relatif cukup sederhana dan murah namun bisa menghasilkan hasil yang cukup maksimal. Sehingga bisa dikatakan dengan kategori Teknologi tepat guna.
tentang Mesin laminasi triplek warna dengan resin warna
gambar. cara penekanan ketika akan digerakan sepanjang rel dan meja kerja 

Rancangan mesin ini untuk mendukung pengembangan teknologi mesin perkakas dan memberikan nilai tambah dari mesin sebelumnya yang dioperasikan secara full manual.
Sfesifikasi bahan produksi mesin triplek sebagai berikut:
-          Bahan yang akan dilapis               : Triplek
-          Ukuran standar                             : {2.6 – 3.2 mm} x 1200 x 2400 mm
-          Bahan pelapis triplek                     : resin +Katalis + Talk + warna
-          Ketebalan pelapisan                      : 0.5 – 1 mm

Mesin ini dirancang semi otomatis, yang disesuaikan dengan kemampuan perusahaan kecil / home industri, ditinjau dari segi pengoperasian dan kontruksinya mesin ini cukup sederhana, walaupun demikian mampu mengurangi jumlah oprator 50% dengan kualitas yang lebih baik.

Diagram proses kerja mesin laminasi triplek

 Mesin laminasi triplek warna dengan resin warna



Prinsif kerja
Pertama lembaran triplek yang telah di lem diletakan diatas meja yang berukuran sama dengan ukuran triplek yang diberi landasan karet dengan shore sekitar 70%. Triplek diletakan di atas meja disiram dengan lapisan resin cair pada permukaannya, pada komposisi yang sempurna campuran resin dan katalis akan memakan waktu 1.8 menit, kemudian ditutup dengan lembaran plastik yang berfungsi sebagai media agar cairan tidak melekat terhadap rol juga berfungsi agar menghasilkan permukaan yang halus. Selanjutnya setelah di rol dikeringkan selama 5 menit, layar plastik yang telah dipakai bisa di pakai berulang-ulang , dalam prakteknya mesin ini bisa dibuat beberap buah dan di letakan berjajar dengan rel agar bisa memproduksi lebih banyak dalam satu putaran produksi.

Pengeleman dan pelapisan dengan kertas
Pengeleman dan pelapisan dengan kertas berfungsi untuk mengurangi atau menahan keretakan polymer atau resin akibat lenturan yang terjadi pada triplek

 Mesin laminasi triplek warna dengan resin warna
Komponen mesin laminasi triplek
-          Kontruksi rangka
-          Kontruksi bagian mekanis kerja
Komponen rangka:
-          Komponen rangka dipilih dari bahan baja profil C 100mm x 10.8 kg/m
Kontruksi bagian mekanis kerja
-          Rol laminasi
-          Poros batang engkol
-          Tuas engkol
-          Pegas
-          Motor
-          Transmisi roda gigi
-          Rantai
-          Roda gigi

Rol laminasi
Rol ini berfungsi sebagai penekan laisan resin secara berputar, penekanan nya dibantu pegas tarik pada sisi ujung ujungnya, rol ini dapat diatur turun naik dengan bantuan tuas engkol

Poros  batang engkol
Poros batang engkol yang mempunyai silinder eksentrik berfungsi sebagai pengatur naik turunnya rol pada saat proses pengerolan/pelapisan, dengan melalui perantara batang as yang sejajar dengan posisi pegas, poros batang engkol ini akan mendapat beban hanya pada saat tidak melakukan proses pengerolan saja

Tuas engkol
Tuas engkol ini berfungsi sebgai pegangan pengatur naik turunnya rol, dimana proses pengoperasiannya dilakukan dengan tangan saat melakukan pengerolan  tuas  dinaikkan, sehingga tuas engkol beserta batang poros engkol berada pada posisi bebas, sebaliknya bila proses pengerolan selesai, tuas beserta batang poros engkol mengalami beban akibat gaya tarik pegas.

Pegas
Pegas berfungsi sebagai penarik pada saat pengerolan, gaya pegas ii relatif kecil karena pengerolan ini bahan cairan resin yag di rolnya, namun untuk menghasilkan tekanan dan ketebalan yang diinginkan dapat diatur dari setelan pada baut dikaki meja dan baut pengatur pada bantalan poros.

Motor
Motor sebagai alat penggerak utama mesin ini yang dihubungkan dengan roda puly roda gigi transmisi.

Roda gigi transmisi
Roda gigi transmis digunakan untuk merubh putaran dari motor penggerak, roda gigi ini mempunyai tingkat perbandingan yang disesuaikan dengan kecepatan pada saat terjadinya proses pengerolan, dimana parameter tingkat perbandingan ini disesuaikan dengan putaran dari motor prnggerak, diameter roda jalan dan kecepatan yang diperlukan untuk pengerolan.

Rantai
Jenis media penghubung untuk mentransmisikan putaran dalam mesin ini dipakai rantai, dengan mempertimbangkan faktor kekuatan dan faktor slip.

Roda jalan
Roda jalan adalah roda yang bergerak di atas rel yang menggerakan maju mundurnya mesin, dan sebagai penumpu dari berat total keseluruhan mesin.
catatan:
mesin ini di buat ketika penulis melakukan praktek kerja (KKN) tahun 1996