; -->

Mesin bor, bagian komponen dan fungsinya

MESIN BOR,  bagian komponen dan fungsinya

Pengeboran adalah operasi pembuatan lubang berbentuk bulat melingkar dengan pisau mata yang umumnya mempunyai satu atau dua sirip atau beberapa sirip bor mengeluarkan sejumlah logam dari Pekerjaan dengan alat pemotong yang disebut bor.

Bor adalah alat pemotong yang memutarkan  pisau potong atau mata bor dengan  satu atau beberapa sirip atau alur mata bor.

Mesin bor adalah alat mesin yang dirancang untuk mengebor lubang logam atau non logam. Mesin bor  Ini adalah salah satu mesin peralatan yang paling penting dan serbaguna dalam sebuah pekerjaan pabrikasi.

MESIN BOR,  bagian komponen dan fungsinya

Gambar 1. Bagian bagian mesin bor..

Selain mengebor lubang bulat, banyak Operasi lain juga bisa dilakukan pada mesin pengeboran seperti kontra bor, Countersinking, mengasah, reaming, memukul-mukul, pengamplasan dll.

Kontruksi mesin bor

Pada mesin pengeboran, bor diputar dan diumpankan sepanjang poros rotasinya di stasioner  Benda kerja.
MESIN BOR,  bagian komponen dan fungsinya

Gambar 2. Mesin bor

Mesin bor  ini terdiri dari bagian-bagian kontruksi utama  diantaranya :
1. Bagian kepala
2. Bagian badan
3. Bagian dasar dan tiang/kolom

Bagian Kepala yang berisi  :
Motor listrik, V-pulleys dan V-belt

Motor listrik, V-pulleys dan V-belt yang mentransmisikan rotary Gerak ke spindle bor pada sejumlah kecepatan.Spindle dan pengatur pemakanan. Yang  Berputar serta bergerak naik dan turun oleh tuas. Yang diteruskan pada Sebuah pasangan higi rack dan pinion untuk memberikan gerak naik dan turun vertikal dari tuas lengan,  sehingga pada saat yang sama mata pisau bor bisa dimasukkan ke dalam benda kerja atau ditarik darinya saat pengeboran.

Kecepatan  pengeboran diubah dengan bantuan V-belt dan pully bertingkat dengan beda diameter. Pada  Mesin pengebor yang lebih besar  Memiliki kotak roda gigi untuk tujuan tersebut.

Chuck bor
Chuck bor berada  di ujung spindle bor,  dan pada gilirannya ia memegang bor.

Bagian Badan bor yang berisi :

Meja kerja
Meja kerja yang dapat disesuaikan posisi dan ketinggiannya dengan didukung  didukung pada tiang kolom,  Dari mesin pengeboran. Meja kerja ini  dapat disetel  baik secara vertikal maupun horizontal.

Meja kerja ini  umumnya  Memiliki slot alur alur untuk memungkinkan pemakaian alat tambahan berupa klem permanen yang diikat oleh baut pada alur.  sehingga  benda kerja dapat dipegang dengan aman di atasnya.

Bagian dasar dan tiang mesin bor yang berisi :

Sebuah besi cor  berat dan mendukung struktur bor. Dasarnya mendukung kolom, yang mana  Pada gilirannya, mendukung meja, kepala dll.

Tiang Kolom adalah bagian bulat atau kotak vertikal yang tertanam pada bagian dasar mesin bor dan  mendukung kepala dan meja. Pada tiang Kolom bulat mungkin memiliki potongan gigi rack

Di atasnya agar meja bisa dinaikkan atau diturunkan tergantung kebutuhan benda kerja.