; -->

Ide membuat mesin plastik mini sederhana (2) dengan penekan ulir

Mesin cetak injeksi plastik mini manual sederhana

Pada posting artikel sebelumnya tentang cara Mesin cetak injeksi plastic mini , pada bagian kali ini tentang ide membuat mesin plastik mini sederhana (2) dengan penekan ulir, dengan sedikit merubah cara penekanan yang dilakukan yang sebelumnya menggunakan tuas pada rancangan ini menggunakan penekan ulir.

Penggunaan ulir sebagai media penekanan tentunya masih cukup besar dibanding dengan menggunakan tuas, kelebihan menggunakan ulir ini adalah dapat menentukan panjang penekanan, volume bahan plastic yang akan diinjeksikan. Sedangkan komponen dan kontruksi lainnya sama seperti  sebelumnya.

Seperti umumnya untuk produksi masal suatu komponen yang terbuat dari bahan plastic dipakai media mould / cetakan yang diproses oleh mesin injecsion moulding.
Mesin jenis dan ukuran kecil seperti ini masih tetap manggunakan mould ukurannya, bahan mould dapat dibuat dari bahan besi, baja, alumunium atau kuningan disesuaikan dengan kebutuhan,sehingga dengan mesin injeksi plastik mini ini dapat menyesuaikan badget, serta kondisi kebutuhan produksi yang tidak kontinyu, namun tentunya hanya untuk produksi yang sangat kecil, ukuran bentuk dan jumlahnya.
mesin plastik mini sederhana (2) dengan penekan ulir

gambar 1. mesin plastik mini sederhana


Beberapa kelebihannya antara lain sama seperti mesin plastic mini sebelumnya diantaranya:
  • Mesin injeksi plastik mini atau mesin injeksi plastik mini bangku dioperasikan dengan tangan. Ini adalah alat yang cocok untuk produksi volume kecil, atau pembuatan contoh.
  • Sistem pemanas material dapat menggunakan bahan bakar gas, atau bisa juga dengan elemen dan pengontrol panas.
  • Penekanan denan ulir untuk pengoperasian lebih mudah dan gaya lebih besar.
  • Cetakan yang mudah dibuat sendiri dengan dudukan standar, persegi,
  • Ukuran yang kecil tidak memerlukan ruangan besar

Operasi proses produksi

Seperti halnya mesin plastic manual standar, dalam pengoperasian mesin mini ini juga hampir sama, Ketika suhu panas tercapai, dan mould / cetakan sudah dipasang, putarkan gagang tuas  pegangan ulir, untuk menyuntikkan plastic cair kedalam cetakan, Keadaan pencairan yang ideal akan terlihat dengan permukaan halus, kental homogen, tidak ada pembentukan gelembung udara. Suhu pengaturan yang tepat salah satu faktor kunci dalam memperoleh kualitas cetakan yang baik.

Ketika penyuntikan telah terasa padat Tahan selama beberapa detik. Waktu penahanan mungkin bergantung pada sebagian geometri, ukuran, bahan plastik, dan suhu cetakan. maksudnya adalah untuk mengemas lebih banyak material ke dalam cetakan selama tahap pembekuan material sebelum profil cetakan benar-benar mengeras.

Untuk produksi terus menerus, butiran bahan plastik harus diisi ke dalam tabung injeksi ketika piston mencapai setengah dari seluruh langkahnya.