; -->

Cara Membuat profil kayu bentuk sulit dengan mesin router spindle

Cara Membuat profil kayu bentuk sulit dengan mesin router spindle

Router spindle
Router spindle adalah termasuk mesin fropil yang biasa digunakan dalam teknik perkayuan, digunakan sebagai peralatan bantu untuk membentuk alur dan ulir pada kayu. 

Posisi Poros pisau terpasang vertikal (menghadap ke atas) pada sebuah permukaan meja mesin dan berfungsi untuk membuat bentuk profile pada sisi samping kayu. Jenis pisau bisa diganti sesuai dengan desain yang diinginkan. Pada kombinasi lain jumlah pisau bisa lebih dari satu dan seluruhnya terpasang secara vertikal.

Prinsip dasarnya mirip dengan mesin frais, namun kepala pisaunya memiliki bentuk dan desain yang berbeda. Karena router ini berfungsi untuk membuat alur atau meratakan permukaan kayu maka pisau berada pada posisi vertikal ke arah bawah. (berbalikan dengan mesin profile (spindle). Mesin Router didesain dengan kecepatan putar (rpm) jauh lebih tinggi dari mesin frais.

Didalam posting artikel ini akan coba membuat bentuk profil kayu yang cukup sulit dengan mesin spindle router, ditambah alat bantu jig untuk membentuk profil yang diinginkan.
Bagian dari komponen yang dipersiapkan: (lihat gambar).
Cara Membuat profil kayu bentuk sulit
gambar 1. proses kerja pemotongan Membuat profil kayu bentuk sulit dengan mesin router spindle




Sebagai contoh disini akan dibuat gagang kuas, alat dan bahan yang dipersiapkan diantaranya: jig (dari kayu), clamp kayu, pisau router , tentunya mesin router meja/spindle router harus ada.

Untuk membentuk sebuah gagang kuas seperti gambar diatas, clamp kayu dipasang dengan baut pada jig, dan bahan kayu yang akan I bentuk dijepit oleh clamp pada jig,
Siapkan pisau profil rata atau cekung pada mesin dengan tambahan bantalan dibawah pisau untuk pembatas jig saat pemakanan. Setelah siap jalankan mesin dan mulailah pekerjaan pembentukan seperti gambar,

Langkah kerja pemotongan harus melawan putaran pisau, seperti yang ditunjukkan pada gambar.

Cara Membuat profil kayu bentuk sulit

gambar 2. komponen komponen Membuat profil kayu bentuk sulit dengan mesin router spindle

Dalam prakteknya, bias dilakukan dengan satu proses pemakanan atau dua kali bolak balik, dibentuk sisi permukaan yan pertama kemudian dibuka dan di balikkan untuk meratakan sisi permukaan yang kedua, tergantung kesulitan bentuk dan profil yang dibuat
Untuk produksi yang banyak alat jig ini bias dipakai berulang ulang dengan hasil produksi dan bentuk yang sama.
baca juga tentang membuat sendiri mesin gergaji triplek sederhana

"membuat sendiri mesin gergaji triplek sederhana"

Demikian semoga artikel ini bermanfaat.