; -->

Cara kerja mesin paving blok, batako, briket sederhana.

Mesin paving blok, batako, briket sederhana

Mesin mesin tertentu yang dapat digunakan untuk mencetak bahan yang berupa serbuk pasir yang di adon dengan campuran pengeras seperti semen merupakan alat yang sangat membantu para pembuat material tersebut, diantara mesin itu antara lain seperti yang diperlihatkan pada gambar dibawah, kontruksi yang sederhana dengan beberapa kemudahan menjadi pilihan terlebih tanpa menggunakan bahan bakar maupun energi listrik.

Contoh penggunaan dalam pencetakan batako atau paving blok, atau pembuatan produksi briket, Contoh proses pencetakan briket dapat di lihat dibawah beserta langkah langkahnya.

Briket adalah merupakan diantara bahan bakar sebagai pengganti bahan bakar minyak yang akhir akhir ini sangat digalakan pemerintah yang berbentuk sebuah  bahan yang dipadatkan yang dapat dibakar dan digunakan sebagai bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan nyala api. Briket yang paling umum digunakan adalah briket batu bara, briket arang, briket gambut, dan briket biomassa.
mesin Briket batu bara yang sederhana.
gambar 1. mc press batubara 

Briket memiliki harga yang murah dibandingkan bahan bakar jenis lainnya sehingga penggunaannya dalam dunia industri dapat memberikan penghematan biaya. briket telah digunakan sebagai pengganti kayu bakar yang harganya semakin naik. Penggunaan briket diketahui memberikan manfaat dari sisi pengeluaran usaha.

Cara kerja mesin ini cukup sederhana seperti yang diperlihatkan pada gambar dibawah ini:
membiasakan bekerja sebelum dan sesudah bekerja mesin harus selalu bersih dari kotoran, dan perawatan yang kontinyu akan memberikan keawetan yang lebih lama.

Langkahnya: 

- Pertama siapkan bahan yang akan di cetak.
- Masukkan ke tempat pada corong masukkan sampai penuh.
- Putar tutup cetakan sampai 90 derajat hingga cetakan terbuka sepenuhnya
- Jika sudah siap tarik bagian bak penampung bahan briket dan ratakan pada cetakannya
- Kembalikan bak penampung bahan pada posisinya dn bahan baru akan turun dan masuk lagi pada bak penampung.
- Putar lagi tutup cetakan pada posisi semula dan siap cetak
- Angkat gagang cetakan ke atas dan posisikan penekan eksentrik pada tutup cetakan yang telah diberi tempatnya.
- Tekan dan tahan beberapa saat sampai kepadatan stabil.
- Buka gagang penekan dari silinder eksentrik tadi ke posisi semula,
- Pada saat akan mengeluarkan hasil cetakan buka tutup cetakan dahulu, dan gagang di kaitkan sehingga posisi tersambung dan cukup kaku dengan badannya, selanjutnya tekan ke bawah untuk mengeluarkan hasilcetakan.
 corong input bahan
gambar  2 . corong input bahan


mesin Briket batu bara yang sederhana.
gambar 2. mc press batubara proses pengisian bahan


Dengan penggunaan briket arang sebagai bahan bakar maka kita dapat menghemat penggunaan kayu sebagai hasil utama dari hutan. Selain itu penggunaan briket arang dapat menghemat pengeluaran biaya untuk membeli minyak tanah atau gas elpiji.Dengan memanfaatkan serbuk gergaji sebagai bahan pembuatan briket arang maka akan meningkatkan pemanfaatan limbah hasil hutan sekaligus mengurangi pencemaran udara, .Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan pendapatan masyarakat bila pembuatan briket arang ini dikelola dengan baik untuk selanutnya briket arang dijual.Bahan pembuatan briket arang mudah didapatkan disekitar kita berupa serbuk kayu gergajian.

Proses pembuatan Briket dibuat dengan menekan dan mengeringkan campuran bahan sehingga menjadi blok yang keras. Metode ini umum digunakan untuk batu bara yang memiliki nilai kalori rendah atau serpihan batu bara agar memiliki tambahan nilai jual dan manfaat. Menjadikan Briket dapat digunakan di industri dan rumah tangga.

Mesin pembuat briket,

Mesin pembuat briket adalah mesin yang digunakan untuk memproses limbah dan residu usaha kehutanan dan pertanian menjadi briket. Sebelum dijadikan briket, bahan mentah harus diberikan perlakuan tertentu seperti pemurnian dan penumbukan atau pengecilan ukuran partikel.

Beberapa diantara mekanisme kontruksi dari Mesin press briket bekerja dengan pengepresan dengan ulir, pengepresan dengan tuas pengepresan dengan hidrolik,dan lannya, dalam artikel ini saya mencoba memberikan alternatip kontruksi sederhana tentang mesin pencetak briket batubara,

Gambar dari mesin ini sebetulnya tidak jauh beda dengan mesin press lainnya sepert mesin press bata paving blok yang pernah saya tampilkan tetapi untuk mesin press briket dengan bentuk yang lebih kecil memungkinkan cetakan dapat muat lebih banyak, untuk ukuran danbentuk briket dapat disesuaikan dan diganti menurut kebutuhan
Type dari kontruksi mesin menggunakan sisten tuas dengan suplai bahan dikerjakan secara manual.:




atau bisa dilihat geraknya dari pandangan samping

Dengan semakin sulit dan mahalnya bahan bakar pada masa sekarang, bahan bakar alternatif menjadi pilihan, salah satunya adalah Briket Tempurung Kelapa, dimana bahan baku utamanya adalah tempurung kelapa yang sudah diolah menjadi briket tanpa menggunakan bahan kimia. Briket Tempurung Kelapa ini memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan dengan bahan bakar lainnya.