; -->

Beberapa contoh mekanisme gerakan eksentrik

Beberapa  contoh mekanisme gerakan eksentrik

Gerak mekanisme penghubung engkol

Gerak mekanisme penghubung engkol berfungsi untuk merubah gerakan putar menjadi reciprocating dan sebaliknya, bagian bagian utama dari gerak mekanisme engkol : batang penghubung dan slider Yang terhubung secara pivotal ( gambar 1 ), panjang slider dan penghubung dapat disesuaikan tergantung panjang engkol (radius). 

contoh mekanisme gerakan eksentrik

Gambar 1. Beberapa contoh mekanisme gerakan eksentrik

Untuk menentukan gerakan panjang engkol , jika panjang engkol  A  dan slider B maka kita dapat menulis rumus sederhana :
2A = B    atau    A = B / 2

Dengan demikian dapat dengan mudah untuk mengetahui panjang langkah slider dan panjang  engkol,

Contoh :
Langkah slider      B = 100 mm
Panjang engkol    A = B / 2     = 100 / 2 = 50 mm

Mekanisme gerak dari engkol engkol ini banyak digunakan pada berbagai aplikasi mesin dengan satu atau beberapa engkol dan slider. Mekanisme penghubung engkol ini juga dapat dimodifikasi menjadi mekanisme eksentrik  (gambar  1,2,), dapat juga dimodifikasi dengan tanpa engkol ( gambar 3 ),

dalam mekanisme engkol  ini langkah tidak merata pada titik mati tertentu merupakan langkah yang paling lambat. Namun demikian mekanisme seperti ini banyak digunakan seperti untuk pompa bertekanan, mesin pertanian dan lain lain.

contoh mekanisme gerakan eksentrik

Gambar 2. Beberapa contoh mekanisme gerakan eksentrik

Gerakan lain dalam mekanise engkol dapat juga di transmisikan dengan tanpa batang penghubung, dalam hal ini menggunakan sayap paksa  untuk penggeseran slider ( gambar 4 ), dengan sifatnya mekanisme seperti eksentrik mempunyai  titik as utama untuk mengganti  penghubung tidak berada di tengah tengah sehingga dapat menggerakkan ke atas dan ke bawah atau ke kanan dan ke kiri tergantung penempatan kontruksi yang di butuhkan, gerakan lainnya dengan menggunakan penghubung yang di pasang pembalik pegas ( gambar 5 ), pergerakan horizontal  di kembalikan  oleh penghubung melalui pegas tekan, untuk pergerakan vertikal dapat dilakukan pembalikan gerakan dengan tanpa pegas melainkan dengan dari berat penghubung itu sendiri. Mekanisme gerakan lain  yang dapat diterapkan untuk  berfungsi mengubah gerakan engkol dengan penghubung ganda ( gambar 6 ). menjadi gerakan yang lebih panjang atau pendek dengan mengatur pin adjuster pada roda eksentrik dengan variasi gerakan yang dapat diterapkan untuk pergerakan langkah slider.yang dibutuhkan, demikian pula semua mekanisme gerakan eksentrik diatas dapat dibuat adjuster untuk mengatur langkah gerakannya.



Mekanisme mekanisme seperti contoh diatas banyak digunakan pada kendaraan dan kontruksi mesin mesin produksi modern saat ini 


"Arsip Teknik adalah Artikel tentang seni dasar cara membuat alat teknik sederhana, Teknologi tepat guna dan cara kerja mesin sederhana."