; -->

Pengukur ketebalan ( filler gauges ) fungsi dan cara kerja

Pengukur ketebalan ( filler gauges )

Pengukur ketebalan atau filler gauges adalah bagian dari peralatan bidang teknik mesin yang merupakan bentuk dari alat ukur genggam,  alat ukur ini mempunyai beberapa ukuran dalam bentuk plat strip tipis seperti pisau atau daun, fungsi dari alat ukur ini adalah untuk mengukur tingkat ketebalan yang ditentukan. Pengukuran diberikan dalam milimeter atau inch yang dapat dilihat di permukaan setiap strip nya yang mengacu pada ketebalannya.

Pengukur ketebalan ( filler gauges ) fungsi dan cara kerja
Gambar 1. Alat ukur seam filler


Alat ukur ini umumnya diberikan ukuran tebal antara 0.02 mm atau 0.0008 inch sampai 5.08 mm atau 0.2 inch.  Perbedaan alat ukur ini dengan alat ukur lainnya adalah karena alat ukur ini secara langsung memeberikan kita pentunjuk nilai ketebalan secara visual tentang seberapa tebal  dari celah yang di ukur dengan menyelipkan plat stip kedalam celah yang di ukur sehingga memberikan perabaan atau rasa yang dianggap pas ketika mengukur , karena dengan alat ukur lain yang tidak dimungkinkan. Dengan kata lain alat ukur ini digunakan untuk secara tepat menentukan ukuran celah kecil dan sempit antara dua benda yang berada dalam jarak dekat.
Alat ukur ini biasanya digunakan oleh mekanik otomotif yang membutuhkan ukuran riil yang akurat lebar celah antara dua bagian dan memastikan bahwa bagian bagian mekanis berada dalam urutan kerja yang aman sehingga dapat diketahui untuk mengkorfirmasi ukuran celah yang tepat. Penggunaan lainnya diantaranya untuk memeriksa kelonggaran katup atau tappet, celah busi, jarak bebas bantalan dan celah ring pada piston.

Pengukur ketebalan ( filler gauges ) fungsi dan cara kerja

Gambar 2. Contoh penggunaan alat ukur seam  filler

Cara penggunaan 
Pertama kita harus membuat perkiraan secara visual ukuran mana yang tepat  masuk kedalam celah yang tidak diketahui yang akan kita ukur, memperkirakan filling operator  untuk menggati nilai ketebalan jika dirasa masih longgar atau terlalu ketat, jika pengukuran telah dirasa benar  harus dimasukkan sedalam mungkin dan tetap bersentuhan diantara kedua permukaan sisinya.
Pada beberapa keadaan dari kondisi normal pengukuran alat ukur ini di lakukan dengan memasukan kedalam celah yang akan diukur, namun bila kondisi  sempit atau tidak memungkinkan bagian bagian dari alat ukur ini dapat dibuka secara individu, dalam hal lain dengan dapat dibuka setiap strip dari alat ukur ini juga dapat dengan mudah mengganti komponen alat ukur dengan yang baru. Dalam hal ini diperlukan filling operator  untuk dapat menginterpretasikan dan berfungsi sebagai alat ukur yang akurat.
Cara membaca ukuran
Ukuran dari alat ukur ini telah ditentukan dari setiap plat strip secara individu dengan ukuran dalam mm atau inch, sehingga memudahkan memilih dan menetapkan ketebalan yang cocok ketika strip dimasukan kedalam celah,
Bahan alat ukur
Pada umumnya alat ukur ini terbuat dari bahan baja perkakas tempered  atau baja tahan karat, bahan baja tempered kemungkinan dapat saja berkarat jika tidak dirawat dengan benar ,  bahan stainless steel mempunyai  ketahanan yang lebih besar dari karat tetapi lebih mahal, logam yang digunakan harus mempunyai  tingkat  kekuatan dan fleksibilitas yang tinggi dikarenakan penggunaan alat ini sering diterapkan pada tempat yang sedikit bersuhu dan tempat yang sulit dijangkau.